Online shopping

Online shopping
Mari belanja

Apa itu layanan pelanggan customer service?


Apa itu layanan pelanggan customer service? 

 


 Layanan Pelanggan: Definisi, Tanggung Jawab, dan Keterampilan yang Dibutuhkan 

Layanan pelanggan adalah profesi dengan banyak tanggung jawab. Tugas utama layanan pelanggan adalah melayani pelanggan dengan baik dan menyelesaikan masalah mereka.


Bagi yang ingin melamar menjadi customer service, pada artikel ini kami memberikan gambaran tentang profesi tersebut agar Anda memiliki pengetahuan yang lebih tentang dunia customer service. 

 Apa itu layanan pelanggan? 

Customer service adalah departemen yang bertanggung jawab untuk melayani pelanggan dan memecahkan masalah mereka. Layanan pelanggan biasanya menangani pertanyaan pelanggan hingga dan termasuk keluhan. 

Di beberapa organisasi, layanan pelanggan juga dikenal sebagai "pusat panggilan", "penerimaan", atau "layanan". Di beberapa perusahaan, layanan pelanggan melapor ke departemen pemasaran atau operasi. 

Tugas customer service biasanya melayani, membantu dan menyelesaikan masalah yang dikeluhkan oleh pelanggan. Cari tahu lebih lanjut di sini: 


 #Menjawab pertanyaan pelanggan 

 #Mengidentifikasi keluhan pelanggan 

 #Membantu pelanggan dalam situasi krisis 

 Mengevaluasi pengalaman pelanggan dan membuat rekomendasi 

 #Mendokumentasikan semua komunikasi pelanggan 

 #Mengirim laporan kepada penyelia tentang masalah umum dan cara mengatasinya. 

Keterampilan Menjadi Customer Service Person 

Setiap perusahaan selalu berusaha meningkatkan kualitas pelayanannya untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Oleh karena itu, perusahaan sangat bergantung pada kinerja divisi customer service. 


Menjadi perwakilan layanan pelanggan tidak hanya membutuhkan kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik dan ramah dengan pelanggan, tetapi juga keterampilan tertentu untuk bekerja secara efektif. Berikut adalah daftar keterampilan yang harus Anda miliki: 


 1. Keterampilan komunikasi yang kuat 

Untuk menjadi perwakilan layanan pelanggan yang profesional, Anda harus memiliki keterampilan komunikasi yang kuat. Dengan kata lain, kemampuan membangun hubungan yang kuat dengan klien dan merespon dengan baik setiap pertanyaan yang diajukan. 


 2. Keterampilan komunikasi yang baik 

Keterampilan komunikasi yang baik adalah keterampilan yang paling penting dalam layanan pelanggan. Singkatnya, hampir 100% yang Anda lakukan adalah tentang komunikasi, terutama komunikasi verbal. Tanpa proses komunikasi yang baik, Anda akan kesulitan memahami setiap keluhan pelanggan. 


 3. Pengetahuan produk 

Coba bayangkan apa yang akan Anda lakukan jika perwakilan layanan pelanggan tidak dapat menjelaskan pertanyaan Anda tentang produk dengan baik. Hanya ada dua kemungkinan, CS tersebut adalah karyawan baru atau dia memang tidak paham dengan produk yang mereka tawarkan. 

Profesionalisme seorang customer service representative dapat dilihat dari seberapa jauh dia memahami produk perusahaan tempat dia bekerja. Karena hampir setiap pertanyaan pelanggan selalu mengarah pada suatu produk atau jasa. 

 Oleh karena itu, perwakilan layanan pelanggan harus mengetahui tentang produk tersebut. Dari pro, kontra, masalah yang sering dikeluhkan, biaya teknis dan banyak lagi. 

 

4. Bertanggung jawab 

Customer service yang handal harus mampu memberikan solusi kepada pelanggan secepat mungkin. Pelanggan tidak mau menunggu terlalu lama, mereka butuh solusi cepat. Oleh karena itu, perlu untuk dapat mengatur waktu Anda dengan baik. 

Meminta pelanggan untuk menunggu terlalu lama mempengaruhi kepuasan pelanggan. 


 5. Empati 

 Empati juga diperlukan jika ingin bekerja di customer service. Dengan cara ini Anda dapat secara akurat memahami perasaan dan kebutuhan pelanggan. Anda juga dapat memilih kata-kata yang tepat untuk disampaikan kepada pelanggan sesuai dengan permasalahannya. 


 Gaji Customer Service di Indonesia 

 Mari kita bicara tentang gaji Customer Service di Indonesia. Gaji customer service di Indonesia tergantung pada beberapa faktor, seperti: 


 - karir 

 - kualifikasi 

 - pengalaman kerja 

 - pekerjaan 

 - perusahaan tempat kerja 

 Dari tabel di atas, kita dapat melihat bahwa gaji minimum untuk pelanggan layanan di Indonesia adalah Rp 2.000.000 per bulan. Pada saat yang sama, gaji tertinggi yang dapat diterima oleh perwakilan layanan pelanggan yang berkualifikasi tinggi dan berpengalaman di perusahaan besar di Jakarta adalah Rp 15.000.000 per bulan. 

Jalur karir customer service Ada beberapa pilihan karir untuk 

Customer service, karir ini ditentukan berdasarkan pengalaman kerja Anda: 

 Level junior (1-3 tahun pengalaman) adalah customer service. 

 Tingkat menengah (pengalaman 

-8 tahun) adalah perwakilan layanan pelanggan. 

 Tingkat Senior (pengalaman 8 tahun atau lebih) adalah Manajer/Direktur Layanan Pelanggan. 

Informasi diatas kami kutip dari KitaLulus, salah satu situs lowongan kerja terpercaya di Indonesia. Anda bisa mencari lowongan kerja terbaru dan melamar pekerjaan langsung melalui aplikasi KitaLulus. 

Karier layanan pelanggan sangat terbuka di semua industri. Posisi ini bisa diisi oleh individu dengan jenjang pendidikan apapun, bahkan lulusan SMA atau sederajat. Karier layanan pelanggan juga bagus, Anda mungkin memiliki kesempatan untuk masuk ke departemen pemasaran selama Anda mau. Semoga ini bisa bermanfaat!


Posting Komentar

0 Komentar