Apa itu Content Marketing? Penting Untuk Bisnis Online
Nah sekarang kita mau ngebahas konten gitu kenapa sih konten ini penting buat bisnis gitu Nah yang pertama ini adalah salah satu cara kita berkomunikasi sama konsumen teman-teman Biasanya kalau teman sering sosial media banyak banget ya konten-konten yang relate atau bahkan mereka biasanya lebih engage juga gitu ya buka kolom q&a gitu ngebahas satu topik gitu Nah itu mungkin padahal sebenarnya topiknya itu jauh banget sama produk yang mereka jual tapi karena relate mungkin dari situ juga bisa datengin juga gitu terkait band tersebut Oh ternyata band ini aktif juga ya engage sama topik-topik yang paling update Gitu yang ada di masyarakat Indonesia lebih tepatnya gitu terus juga sebagai fondasi buat teman-teman gitu ya sebagai identitas namanya brand ini kan biasanya unik ya nggak bisa disamain satu band juga nama namanya juga harus unik juga harus beda gitu ya enggak boleh sama Nah itu penting juga buat temen-temen punya identitas gitu ya jangan sampai sama penamaannya atau contohnya logo gitu ya cuman punya temen temen yang punya gitu jangan sampai teman-teman Copycat gitu ya malah nanti biasanya kan udah ada brand yang duluan terjun gitu ya Nah mungkin biasanya itu malah bikin eee back kita juga gitu biasanya karena customernya udah aware Oh ini ada brand yang dulu udah udah duluan terjun gitu ya udah udah duluan ada biasanya mereka lebih lebih prefer gitu buat belanja atau engage sama band tersebut dibanding kita yang baru Mungkin gitu sama juga ini juga penting buat tadi ya meyakinkan para konsumen gitu ya terkait produk atau layanan karena produknya kan nggak hanya fisik ya juga service atau jasa yang kita profit kepada customer terus juga bisa ditawarin ke customer kita seperti itu nah ini pengaruhnya tadi ya ketika kita bikin konten gitu ya Yang relate Sama calon customer kita sama audience kita itu bisa ningkatin traffic kita terus ciptain bass gitu ya terkait brand kita gitu kan banyak banget sekarang kayaknya bener-bener lokal yang bikin championnya itu tuh menarik gitu ya beda dari yang lain mungkin sedikit ini ya sedikit apa yang kelas yang sebut beda-beda yang lain gitu kalau biasanya mungkin kalau bener-bener lain bikin kontennya yang udah mereka lakuin yang udah pernah ada tapi mungkin ini BBM ini beda ngelakuin prosesnya gitu Ya bikin campaign ini beda yang mungkin bikin jadi pemikiran juga bagi banyak calon customer gitu terkait brand ini lalu juga buat yang jual Nah tadi ini biasanya karena kontennya bagus gitu ya relate jadinya mungkin tadi Kalau Mas share dari mulai awareness lanjutan nih ke konsentration itu baru ke compression ini juga part of Kenapa sih kita perlu pikirin gitu Ya bikin konten yang baik itu seperti apa sih seperti itu oke nah Ini saya kutip gitu ya saya ambil dari teman-teman nanti ada hotspot ini ada crm yang teman-teman mungkin bisa searching di Google ini banyak banget konten-konten yang sangat berguna edukatif banget buat teman-teman belajar juga di situ juga banyak konten-konten selain digital add gitu ya terkait brandingnya teman-teman gitu ya atau buat Sunset temen-temen juga ada teman-teman mungkin bisa nanti bisnis ini bisa masuk gitu ya ke halaman hotspot ini free juga teman-teman ada yang freenya teman-teman bisa pakai juga nah ini gimana sih cara kita buat konten tertentu yang pertama tadi Mungkin setuju juga kalau membuat Champion gitu ya nah ini kalau ini kalau membuat konten perlu di defend juga goalsnya Apa kira-kira tujuannya apa sih goalsnya Nah ini balik lagi tadi ke tujuan eee yang tadi ada wireless continuation gitu ya terus ada juga conversion itu tujuannya perlu teman-teman desain dulu pastiin dulu kita tujuannya mau bikin konten ini buat apa sih gitu Terus yang kedua juga kondak personal research biasanya ini adalah kita perlu tahu dulu audience kita tuh seperti apa sih gitu mungkin bisa dilihat dari umurnya akhirnya lokasinya itu kita bisa research dulu terkait audience kita karena kan kita mau nge-share konten gitu ya kita mau nge-share konten yang perlu di-share Nah ini kita perlu satu supaya nggak salah juga gitu lalu yang ketiga juga Biasanya kita perlu audit konten yang kita buat gitu ya sebelum kita rilis atau sebelum kita publish kita audit dulu kira-kira konten ini nanti gitu ya hasilnya seperti apa yang kita lakuin ini Word Word atau nggak sih buat dilakuin gitu ya karena konten ini kan buat kalian ini sebenarnya nggak mudah menurut saya Ya gitu ya karena banyak yang perlu diperhitungkan juga terus jangan lupa pilih CMS CMS ini biasanya singkatnya dari konten management system nah ini teman-teman juga bisa pakai tools yang free di luaran sana banyak gitu ya buat Manager ketika kita bikin konten di sini ada timeline-nya tuh dalam seminggu kita mau ngapa habis berapa konten Bentuknya apa gitu ya itu juga bisa pakai konten manajemen sistem yang temen-temen bisa pakai gitu terus bisa juga yang kelima gitu ini Ada Band Storm konten ads-nya teman-teman juga bisa menemukan kalau udah tim gitu ya Kalau teman-teman mungkin mau coba sendiri dulu atau udah ada timnya Nah itu bisa Coba Kita best from kira-kira konten Apa sih yang mau kita develop seperti apa sih itu bentuknya juga Karena kan konten itu bentuknya macam-macam juga ya lalu yang keenam nanti habisnya Saya mau kasih lihat jenis kontennya Seperti apa teman-teman karena banyak jenis konten itu ada ya ada teks ada image gitu ya teman-teman tinggal tentuin mau seperti apa sama tinggal kita publish sama manage konten kita hasilnya seperti apa sih Kalau mungkin hasilnya udah bagus kita perlu improve kalau belum mungkin kita perlu revisif kita perlu editing testing juga terkait konten yang kita udah publish seperti itu oke nah Ini jenis kontennya ini banyak ya teman-teman Saya cuman sebenernya 4 tapi kalau teman-teman searching di Google tuh banyak banget jenis konten market konten marketing ada blog nah ini kalau blok ini biasanya mostly isinya teks gitu ya ngebahas satu topik gitu atau ngebahas satu tips and trik gitu ya di blog itu juga teman-teman bisa pakai juga terus juga ada infografis ini biasanya isinya banyaknya ininya diagram gitu ya image gitu ya sama biasanya lebih ke data gitu terus juga ada video nah ini video ini kan yang mungkin sekarang banyak dipakai juga gitu ya kalau kita memasang add ada di YouTube ada di Instagram di tiktok ini kita bisa pakai juga sama dapodcast yang biasanya bentuknya dalam suara ya teman-teman oke nah Ini saya juga ambil datanya dari hotspot gitu ya mereka ngelakuin riset kira-kira sosial Network apa atau sosial media Apa sih yang kita bisa pakai buat beriklan gitu ya Nah mungkin nanti Masa juga bisa konfirmasi ini kira-kira yang paling acuan itu dimana gitu ya Nah pertama ada Facebook kedua ada Instagram ketiga ada YouTube teman-teman nah sisanya kayak tiktok Google Twitter itu ada di after 3 ini ya Ada Facebook Instagram sama YouTube Jadi teman-teman mungkin abis ini bisa tentuin kira-kira Saya mau pasang Ads itu di parfum yang mana gitu Nah di sini juga ada mereka ngelakuin riset ke 1000 ini ya marketer gitu ya ternyata Facebook itu adalah salah satu bukan salah satu ya perform terbesar yang nge-generate Roi teman-teman gitu ya Return of investment temen-temen nah ini ternyata Facebook itu paling besar lalu kedua tadi disuruh Instagram ketiga sama YouTube Twitter sama Tik Tok Nah mungkin dari sini teman-teman bisa pikirin gitu Pikir Nanti kalau saya mau pasang Ads itu di mana Nah sementara ini di resep terbarunya ini Facebook tuh masih nomor satu ya temen-temen Oke Nah tadi saya ngebahas sedikit tentang konten Nah sekarang saya juga mau bahas terkait suppose Store gitu ya teman-teman Nah tadi buat kita bisa bikin Ads itu kan kita perlu punya landing page nah salah satunya distro ini ada website teman-teman teman-teman nanti bisa pakai juga freestylenya kalau belum coba atau yang udah coba juga mungkin udah cobain gitu ya experience pakai websitenya silver buat jual online Lalu ada juga marketplace nah ini teman-teman mungkin yang punya toko di marketplace Terus mau managenya di satu dashboard itu kita juga punya teman-teman sama ada set commerce tapi biasanya buat nge handle customer-customernya teman-teman yang masih suka order atau lebih prefer via chat gitu ya Nah itu kita udah sama WhatsApp jadi teman-teman juga bisa yang datang dari WhatsApp juga teman-teman Nah ini mungkin kalau website mungkin udah mungkin temen-temen udah cukup familiar ya teman-teman tampilannya Seperti apa karena banyak banget brand lokal sekarang udah punya sendiri teman-teman juga mungkin udah coba belanja juga lalu yang kedua itu ada marketplace management teman-teman jadi teman-teman yang punya marketplace gitu ya atau toko di banyak marketplace teman-teman bisa manage stoknya gitu ya Atau teman-teman mau ke sana itu lewat yang mana sih kalau punya teman-teman bisa pakai juga ceritanya sama tadi ada chat commerce gitu nah jadi buat temen-temen kalau kita mau ngirimin katalog mendingan katalognya eee udah tersinkronisasi sama website Jadi teman-teman cukup kirimin katalognya aja itu bakal terkirim juga informasi harganya lalu teman-teman juga nanti bisa nge-generate eee percakapannya tadi gitu ya itu bisa jadi transaksi juga seperti itu oke nah Ini kenapa sih mungkin naik juga sama temen yang masih bertanya gitu ya Kenapa sih harus berjualan lewat website gitu ya teman-teman Nah yang pertama ini salah satu cara kita sebagai brand gitu ya buat terlihat lebih terpercaya dan profesional teman-teman gitu lalu Yang kedua juga kita kan punya domain sendiri nih jadi lebih tadi ya lebih legit juga Oh ini brand ternyata kita udah punya domain sendiri biasanya domain ini cuman kita yang punya teman-teman misal.co.com atau di gigi.com gitu ya Nah itu tuh nggak akan ada orang yang bisa beli lagi domain kita karena kita udah beli jadi bener-bener unik makanya Kenapa penting kita punya domain temen-temen lalu ketika punya kontrol penuh jadi kalau teman-teman mungkin yang udah jualan di marketplace mungkin bakal terlimitasi gitu ya dengan syarat atau ketentuannya dari terparty Nah kalau kita punya website ya kita punya penuh kita mau buat personal Seperti apa tampil Seperti apa kita mau bikin Champion Seperti apa gitu ya itu juga kita bisa atur sendiri seperti itu lalu juga kita bisa lebih efisien juga gitu ya dalam mengelola katalog atau mengelola produk kita apalagi kalau teman-teman yang tadi ya yang udah jualan di website atau di marketplace itu kan volume Manager satu-satu kan Kayaknya repot gitu ya Mungkin kita bisa manage dalam soda support juga terus juga buat laporan keuangan nah teman-teman juga bisa manage gitu ya harus keuangannya bisa dilihat juga bisa ditarik juga datanya ya kira-kira Ada berapa penjualannya rasanya berapa itu kita bisa olah juga buat kita mending ambil keputusan kedepannya seperti apa sih terkait dan kita lalu kalau terintegrasi sama Instagram shopping tadi Mungkin Mas Esa udah nge-share sedikit shopping gitu ya teman-teman nah di situ juga udah bisa dipakai teman-teman kalau motivasi itu bisa dicoba juga sama ada integrasi dengan tiktok shop teman-teman seperti itu Oke mungkin ini kalau tips and trik karena hari ini kayaknya kita fokusnya mengenai iklan Ads gitu ya Nah digital Ads Nah mungkin teman-teman yang udah tahu atau yang belum tahu buat pasangan itu kan kita planning page Nah itu kan tadi tadi ada banyak ya Ada website atau ke WhatsApp atau sosial media Nah kalau ke website sendiri Kita udah bisa namanya pasang tadi seperti info juga sama Mas Esa ada namanya pixel kita bisa pakai vpchat itu jadi nanti mungkin setiap ada ketika kita pasang Ads atau kita mau melihat aktivitas gitu ya dari customer kita udah ada yang masuk ke halaman depan atau udah ada yang tukar atau ada yang sampai udah check out berhasil gitu sampai payment itu kita bisa track pakai namanya fadlip Store temen-temen lalu juga buat mempermudah temen-temen nih nggak perlu lagi ngeliat lagi mutasi rekeningnya temen-temen gitu ya kalau ada yang order udah bayar ada namanya suka payment jadi itu nanti pada customer bisa bayar pakai banyak channel pembayaran ya kayak virtual account shopeepay dana gopay gitu ya Nah itu bisa aktivasi dan itu juga mempunyai teman-teman Jadi teman-teman gak perlu lagi ngecekin ke motor strikernya temen-temen karena udah otomatis di validasi sama sistem lalu juga terkait pengiriman temen-temen juga nggak perlu lagi repot gitu ya ngasih info nomor resinya nggak perlu lagi repot buat kirim barang ke Korea kita juga udah ada namanya secara otomatis Yang mana bisa ngejelasin sama manggil kurir buat pickup ke alamatnya kita atau kegunaannya kita teman-teman cewek otomatis lalu juga mungkin buat tipsnya mungkin temen-temen bisa pakai kupon gitu ya buat bikin Champion marketingnya temen-temen kupon ini kan jenisnya banyak ya Ada kupon pembayaran kupon pengiriman Kalau teman-teman mungkin mau kasih diskon ongkir gitu ya itu juga bisa terus juga ada program bunting juga teman-teman tinggal pakai kira-kira yang sesuai sama teman-teman sama budget teman-teman yang mana gitu..
0 Komentar